Belom pernah belanja di eBay? Tatiaaan deh loe..  *just_kidding*

eBay merupakan situs lelang yang juga menjadi situs eCommerce terbesar di dunia. Dengan nilai transaksi harian 1,3jt dollar (BusinessWeek 2007), eBay merupakan surga belanja yang kurang diperhatikan teman-teman di Indonesia.

Padahal eBay; merupakan tempat untuk perorangan/lembaga (toko, perusahaan, dll) untuk dapat menjual barang, dan/atau membeli barang disana. Jutaan atau mungkin milyaran jenis barang diperjualbelikan disana.

SPONSOR





Kenapa? karena barang yang ditawarkan datang dari seluruh dunia. Begitu pula dengan pembeli yang datang dari seluruh dunia, yang menjadikan eBay sebagai situs eCommerce terbesar saat ini.

Kalo elo belum pernah belanja di eBay. LEBIH BAIK JANGAN! Karena elo pasti ketagihan eBay!

*supaya nggak kebablasan belanja* 🙂

eBay-shopping-bags-new-logo
Hampir semua jenis barang bisa ditemukan disana. Mulai barang kecil seperti jarum sampe traktor juga ada. Pokoknya, kalau udah ketagihan dijamin susah pergi dari depan komputer!

Eniwei, buat yang buru-buru, ini rincian step-step Cara Belanja di eBay. Untuk detailnya, bisa diikuti dengan membaca penjelasan lebih rinci di halaman ini juga.

Cara Belanja di eBay

Syarat-syarat sebelum belanja di eBay yang utama adalah sbb:

  1. Punya akun di eBay (silahkan membuatnya di ebay.com).
  2. Punya akun di Paypal yang diperlukan untuk metode pembayaran saat melakukan transaksi di eBay. Walau kadang ada penjual yang juga menerima pembayaran transfer atau cheque, untuk kita yang di Indonesia, akan lebih mudah dengan menggunakan Paypal.
  3. Punya kartu kredit (dalam hal ini untuk digunakan di Paypal yang bertindak sebagai pemungut dana antara penjual dan pembeli di eBay).

Tips Pencarian Barang

  1. Cari langsung barang yang Anda inginkan dengan mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian. Hal ini berguna untuk jenis-jenis produk dengan nama yang kuat; misalnya iphone 5, iphone 5 charger, atau langsung nama merknya.
  2. Jika Anda belum memiliki incaran tertentu, silahkan klik kategori-per-kategori dari barang yang diinginkan, misalnya; Anda bisa memilih kategori Cell Phones & PDAs untuk melihat-lihat beragam jenis telpon seluler dan aksesorisnya.
  3. Jika barang yang Anda cari sulit ditemukan atau kurang spesifik, gunakan kombinasi kata kunci dalam pencarian.
    Contoh, waktu gw coba cari replika mainan tema Tiger Meet saya menggunakan kata kunci seperti, tigermeet, tiger meet, tiger meet diecast, tiger meet toys, dst, dll.

Transaksi Pembelian barang di eBay

  1. Ada 2 (dua) jenis transaksi yang bisa dilakukan. Pertama, pembelian langsung (bisa dilihat pada barang yang memiliki opsi Buy Now). Kedua, pembelian secara lelang. Untuk yang lelang, kita harus beradu harga dengan pembeli lain sampai batas waktu lelang yang ditetapkan oleh penjualnya. Untuk hal ini, kita bisa saja tidak mendapatkan barang yang kita incar karena kalah lelang.
  2. Bila transaksi telah selesai, baik itu pembelian langsung atau lelang, kita dapat melakukan pembayaran dengan akun Paypal kita.
  3. Transaksi selesai, dan silahkan tunggu barang Anda sampai ditangan Anda.

Uraian lebih lengkap dari langkah-langkah diatas bisa diikut pada tulisan dibawah ini.

 

Belanja di Ebay

Gue termasuk rajin belanja di eBay. Beberapa pernak-pernik seragam militer koleksi gw, atau aksesoris handphone, mobil, rumah, dll termasuk banyak yg gw beli disana. Karena, menurut gw itu mudah, simple, dan serba ada. Kalau kita rajin browsingnya atau pintar memilih, banyak barang dapat dimiliki dengan harga murah! <g>

Gw pernah beli aksesoris mobil, aksesoris smartphone, perhiasan rumah, perlengkapan dapur, atau koleksi benda militer, diecast, model kit, security camera, dll. banyak sekali.

Jadi, memang sebaiknya Anda jangan menjadi anggota eBay kalo Anda Shopaholic. Kekeke..

Menjadi Anggota eBay

Untuk menjadi anggota eBay mudah saja. Anda cukup mendaftarkan diri secara gratis di situs eBay. Ketikkan Nama, Alamat, Kota, Kode Pos, dll, secara lengkap dan benar. Jangan lupa isikan username dan password sebagai pengenal Anda di eBay.

Daftar Ebay

Tunggu email verifikasi yang datang dari eBay, verifikasikan email Anda, lalu Anda bisa mulai login. Setelah menjadi anggota. Anda bisa mulai berbelanja disana (kalau hanya melihat-lihat saja, tidak perlu mendaftar sebagai anggota).

Bertransaksi di eBay
Sebelum mulai bertransaksi di eBay, sebaiknya Anda mendaftarkan diri di Paypal. Paypal adalah situs pembayaran digital yang juga memberikan perlindungan keamanan terhadap penggunaan kartu kredit Anda. Walaupun di eBay Anda bisa menggunakan cara pembayaran lain seperti transfer, kartu kredit, maupun wesel, akan lebih mudah dan cepat menggunakan Paypal.

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Setelah menjadi anggota Paypal, Anda tidak perlu berulangkali mengisi kode kartu kredit Anda. Cukup mengisi username dan password Paypal Anda, dan transaksi bisa dilakukan. Dengan menggunakan fasilitas Paypal, kartu kredit Anda menjadi terlindung dari kejahatan credit card fraud di internet.

Paypal tidak hanya bisa digunakan di eBay saja. Jika Anda menemukan situs eCommerce lain yang menggunakan logo Paypal, Anda bisa bertransaksi disana.
Paypal

 

Tips Pencarian Barang
Jika Anda mencari barang tertentu, cara termudah adalah mencarinya dari kategori. Ketikkan nama barang yang Anda cari di kolom pencarian, setelah keluar hasil pencarian, pilih kategori terdekat dengan hasil pencarian di menu kiri eBay.
Contoh:

Hasil pencarian Palm Treo 680 menghasilkan hasil pencarian beragam handset, aksesoris, dll. Klik kategori Cell phone di menu kiri untuk hanya mencari handset, misalnya.

Tips Pembelian
Untuk melakukan pembelian, Anda cukup meng-klik icon transaksi. Karena eBay sifatnya merupakan situs lelang, Anda mungkin harus menunggu beberapa waktu sampai Anda memenangkan lelang tersebut. Fasilitas lain yang mungkin disediakan oleh penjual adalah fasilitas BUY NOW. Jika Anda melihat icon ini, barang yang Anda inginkan bisa langsung Anda beli dengan harga yang tertulis saat itu.

Tetapi jangan buru-buru membelinya. Sebaiknya, sebelum Anda membeli suatu barang, periksa status penjualnya (Seller Ratings) dengan cara mengklik nama penjual (username penjual). Setelah Anda mengklik, terlihat status kepuasan pelanggan/pembeli terhadap penjual tersebut. Dengan melihat status penjual tersebut, kemungkinan Anda mendapat pelayanan yang buruk juga bisa dieliminasi.

Setelah status penjual Anda ketahui, jangan ragu untuk berkomunikasi dengan penjual tersebut. INGAT!! Bagaimanapun, membeli barang dengan hanya melihat foto dan keterangan bisa membuat Anda kecewa jika barang yang Anda terima nanti kurang sesuai dengan keinginan Anda.

Tips Keamanan Transaksi
Dimanapun Anda melakukan transaksi pembelian di internet, selalu pastikan Anda melihat icon gembok di pojok kanan bawah browser Anda. Jika Anda melihat icon ini, artinya situs tersebut menggunakan SSL (secure Socket Layer) yang melindungi transaksi dengan sistim enkripsi data.

Keamanan Transaksi

Jangan melakukan transaksi di komputer umum seperti warnet, atau komputer orang lain. Selalu bertransaksi menggunakan komputer pribadi. Dengan ini, kemungkinan data-data Anda tertinggal di komputer lain bisa diminimalisasi.

FYI: Pencurian atau penyalahgunaan penggunaan data kartu kredit lebih banyak terjadi karena kecerobohan di darat (non internet), ketimbang karena transaksi di internet.

Jadi jaga data-data kartu kredit Anda (seperti slip bekas, dll) agar selalu tersimpan rapi, atau justru dimusnahkan.

HAPPY SHOPPING!

PENTING!

Used Id Anda akan menjadi sangat berharga karena eBay menerapkan sistim rating. Semakin mulus transaksi-transaksi Anda, rating Anda semakin baik (ini penting agar pembelian kita dipenuhi penjual).

Jadi, jangan buru-buru berbelanja. Pelajari dahulu tatacaranya dengan baik agar transaksi Anda lancar. Jangan lupa, memiliki rekening Paypal is a must.

Kalau Anda mulai berbelanja di eBay, ujicoba beberapa kali dulu dengan barang yg kecil dan murah untuk membiasakan diri. Karena kadang kala sifatnya tidak berupa barang yg langsung dibeli, tetapi barang lelang.

Selain itu, juga untuk melihat perlakuan pabean/kantor pos di daerah Anda. Kebetulan, saya termasuk lancar-lancar saja. Tetapi untuk barang yang sama (mainan diecast) teman di Yogya lapor kalau barangnya ditahan bea cukai (apa hubungannya ya?) <g>

Kalau saya cukup membayar bea masuk sebesar Rp. 9000 untuk 3 buah diecast militer skala 1:43 (bea resmi dari kantor pos), teman di Yogya justru keluar uang lebih banyak untuk meny*g*k petugas terkait.