Mungkin rekan-rekan sudah tahu, atau justru baru tahu, kalau Amazon sebuah situs eCommerce terbesar di dunia juga menyediakan toko gratis untuk anggota Amazon yang dinamakan AStore.

Amazon AStore ini merupakan salah satu cara cari duit di internet yang bisa kita coba. Dengan Amazon AStore, siapapun dapat mulai membuka toko, dan berjualan di internet tanpa harus memiliki barang-barangnya.

amazonArtinya, dengan AStore, kita cukup memilih barang apa yang ingin kita jual/promosikan, lalu kita buat toko onlinenya (dimana prosesnya juga cukup mudah), lalu kita promosikan tokonya agar toko kita tersebut memperoleh pengunjung sekaligus bisa memperoleh pembeli.


Cari apa saja di AliExpress.Com

Jika terjadi transaksi dari toko gratis yang kita buat tersebut, kita berhak atas komisi sebesar 4% dari setiap penjualan yang terjadi. Asyik kaaaan?

Kenapa Asyik?

Karena, jika dipikir-pikir kalau kita ingin membuka toko, tentunya kita perlu modal untuk menyewa atau membeli toko. Selain itu, kita juga perlu barang yang ingin kita jual. Lalu, kita juga perlu mempromosikan, dll, dll, dst-dst.

Dengan Amazon AStore. Bisa dikatakan modal kita adalah waktu, komputer, dan koneksi internet. Dimana membuka toko dan menjual barangnya, bisa dikatakan tidak memerlukan modal sama sekali.

amazon-astore

Sulitkah?

Menurut saya pribadi, untuk membuatnya bisa dikatakan cukup mudah. Kita cukup mendaftar di Amazon, lalu mendaftar sebagai Amazon Affiliates (mungkin bahasa sederhananya sebagai agen penjual). Lalu, kita tinggal membangun tokonya secara online dengan bantuan tools-tools yang sudah tersedia disana.

Bagian tersulit menurut saya adalah menentukan apa yang kita jual. Karena jika ingin berjualan, tentu saja kita berharap barang tersebut laku. Dengan jutaan kompetitor di internet, bagaimana kita memilih jenis barang jadi ikut menentukan hasil penjualan.

Bagaimana Caranya kita melakukan riset?

Mungkin saya cuma tahu sedikit cara saja, tetapi bagi yang belum paham, Google menyediakan segalanya untuk riset tersebut.

Saya menggunakan Google Keyword Tools untuk mencari benda-benda yang banyak dicari di internet. Lalu, saya periksa di Google Search Engine, berapa banyak informasi tersebut tersedia (karena semakin banyak, artinya semakin banyak kompetitor). Kalau ternyata tingkat kompetisinya tidak tinggi, baru saya buatkan toko onlinenya di Amazon AStore.

Untuk jenis barangnya sendiri, akan lebih mudah dan lebih baik dimulai dari sesuatu hal yang Anda kenal dan kuasai. Misalnya kita senang memasak, kita bisa mencoba berjualan panci. Dimana kita bisa mempromosikan panci tersebut karena kita mengenal dan bisa menceritakannya di blog kita, misalnya.

Apa Saja Yang Bisa Dijual?

Pada dasarnya kita bisa menjual apa saja. Tapi, sama seperti jika kita ingin membuka toko dan berjualan sebuah barang, Tentu kita harus pikirkan apa yang akan laku untuk dijual.

Bagaimana Caranya Agar Toko Online Memperoleh Pengunjung/Pembeli?

Seperti juga toko tradisional (offline), kepadatan pengunjung turut menentukan jumlah penjualan. Artinya, sebagus apapun toko kita, kalau tidak ada pengunjung ya sulit juga untuk mengharapkan penjualan.

Promosikan toko Anda via blog kita sendiri, situs atau blog yang berkaitan dengan barang yang kita jual, iklan baris internet, atau bisa juga dari forum atau milis yang kita ikuti.

Apakah mudah mendapat hasil dari Amazon AStore?

Menurut saya pribadi, sedikit berbeda dengan berjualan offline, pengunjung kita (which is artinya juga calon pembeli), banyak tergantung dari 'penampakan' toko kita di Search Engine seperti Google, Yahoo, dll. Dimana, untuk bisa nongol disana, tentu saja membutuhkan waktu dan langkah-langkah promosi seperti saya ceritakan diatas.

Sebagai inspirasi, baik untuk mundur kalau dianggap ribet, atau untuk maju jika dianggap cukup baik, saya pribadi baru bisa sukses mencapai angka $275 pendapatan komisi untuk toko-toko yang saya bangun mulai Oktober 2009 hingga saat ini ditulis Desember 2009

Bagaimana Contoh Tokonya?

Silahkan periksa toko-toko online yang saya coba buat. Beberapa topik sudah melalui riset keyword atau kata kunci yang memang cukup jarang di internet.

Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi.

Airsoft

Bedroom

Toys

Music

Stroller

Step2

Stokke

La Crosse Technology

Baby

Diamond

Knive

Humidifier

Ionizer

Air Purifier

Coffee Maker