BTR-80A Marinir (БТР-80А) ini yang biasa disebut kendaraan tempur (ranpur) merupakan kepanjangan dari Brone Transporter (бронетранспортер) atau kendaraan pengangkut personil yang sering disebut juga sebagai APC (Armored Personnel Carrier) untuk mesin perang NATO.



Cari apa saja di AliExpress.Com

Ranpur yang memiliki kemampuan amfibi ini menjadi pilihan Marinir kita untuk menjadi kendaraan pengangkut personilnya dengan membeli 12 (dua belas) BTR-80A ini dari Cekoslovakia pada tahun 2002.

Pada awalnya gw juga nggak terlalu penasaran dengan BTR-80A ini, cuman pada saat rame-ramenya UNIFIL (pasukan perdamaian PBB), gw liat foto-foto BTR-80A milik Marinir ini ikut dicat putih dan dikirim ke Lebanon, bikin gw kesengsem sama mesin perang ini.

courtesy of Thierry Lachapelle

Entah kenapa, gw selalu kesengsem sama armor-armor buatan Rusia. Mungkin tepatnya ke seri-seri seperti MT-LB, BTR-80, Strela, Shilka, dll. Entahlah kalau dari segi kemiliteran, persenjataan, dll. Tapi kalo dari segi bentuk, rasanya design Rusia atau Jerman, lebih 'laki' atau lebih 'jantan' ketimbang desain-desain Amerika.

Mesin perang Amerika (gw seneng sama F-16, M1A1 Abrams, dll), walau enak dilihat, modis, trendi, dll, tapi rasanya kurang 'laki' menurut gw. Entahlah, ini masalah selera aja mungkin.

Mungkin karena gw seneng APC yang modelnya agak kaku atau siku-siku seperti Tpz.1 Fuchs-nya Jerman atau VAB-nya Perancis (yang belakangan diadopsi Pindad juga dan dinamakan Anoa).

Merakit Model Kit BTR-80A

Karena kesengsem juga, gw jadi pengen punya model kitnya sebagai pajangan gw. Model Kit yang tersedia untuk seri BTR-80A ini dibuat oleh fabrikan Zvezda pada skala 1:35 (skala lain kurang tau, karena kalo lebih kecil lagi gw nggak mampu buatnya kale)

Untuk seri ini, BTR-80A-nya merupakan versi standardnya Rusia yang ternyata, kalau disamakan dengan foto-foto BTR-80A Marinir kita ada beberapa perbedaan pada velg rodanya, gantungan rantai, corong senapan kanan depan, lampu diatas turet, dan lampu-lampunya yg di kit-nya versi terlindung besi, tapi di versi marinir tidak ada pelindungnya.

Overall, pemasangannya cukup njlimet. Walaupun kit-nya cukup bagus, manual pemasangan yg minim gambar dan berbahasa Rusia cukup merepotkan waktu membayangkannya.

Soal as roda, per, dan seputarnya memerlukan perhatian lebih saat pemasangan. Lainnya sih lulus fit and proper testlah.. Wkwkwk..

BTW: Gambar kit ini gw dapet dari internet. Kalo liat gambarnya sih ini persis sama BTR kita, kecuali lampu di atas turet ruang kemudi yang di gambar ini nggak ada. Aslinya (di kit-nya) beda dalemnya.

Jadi, untuk lebih memiripkan kit versi standar ini dengan versi Marinir kita ada beberapa modifikasi yang gw lakukan. So far, ini menurut pengamatan gw aja lho.. check and re-check please..

  1. Corong senjata di sisi kanan depan yang ada di kit gw kikis habis dan ditambal pakai epoxy putty biar rata seperti milik Marinir yang tidak ada corong senjatanya.
  2. Gantungan rantai di depan BTR-80A ini gw ganti dengan gantungan rantai dari tank lain karena versi dari kitnya berbeda.
  3. Lampu-lampu ditukar posisi dan beberapa dipotong pelindungnya agar tanpa pelindung besi seperti milik marinir.
  4. Lampu Turret terlihat lebih besar ketimbang yang ada di kit-nya, jadi lampu ini juga gw kanibal dari lampu tank lain. Mungkin tidak persis sama besarnya, tapi tidak sekecil lampu asli yang disertakan dari kit-nya.
  5. Di bagian depan, depan bagian penahan ombak, ada bentuk kotak-kotak yang di gambar kit ada, tapi di kit-nya tidak ada. Jadi, gw tambah aja pake potongan Tamiya Plaplate untuk mirip-miripin.
  6. Lalu kaca spion. Yg di kit-nya belon ada, dan di kit gw juga belon gw bikinnnn.. Wkwkwk..

Untuk warna, seperti biasa, kalo napsu nge-kit lagi tinggi, dan cat di rumah ndak ada, gw suka maksain pakai warna yg tersedia. Kamuflase ombak marinir kita, sepertinya menggunakan warna: hitam, hijau, coklat, hijau kekuningan dan hijau kekuningan muda untuk ombaknya.

Gw sendiri 'maksa' menggunakan warna Field Grey (untuk hijaunya), Flat Earth (untuk coklatnya), Black Green (untuk hitamnya) dan campuran sky green + green + yellow (untuk warna hijau kekuningannya) dan warna Sky Green untuk ombaknya. Untuk warna tambahan, kita perlu warna kuning (untuk marking Marinir), merah untuk lampu rem, gantungan rantai dan moncong senjata, putih untuk gantungan rantai dan orange untuk lampu belakang.

Mungkin nggak terlalu tepat, tapi tetep gw coba bangun deh..

Seperti terlihat dari foto diatas, fitting dan detilnya cukup bagus. Ada beberapa bagian gw dempul untuk nutup dan memperhalus bagian-bagian yg kurang tertutup. Sementara, untuk pegangan/gantungan (entah apa namanya) gw ganti pakai kawat tembaga biar nggak gampang patah/putus. Selain juga biar bengkok-bengkoknya lebih mirip ketimbang cetakan plastik yg lurus russs...

Waktu nge-kit, biasanya gw kadang-kadang aja pake primer. Tapi karena awalnya kit ini mau dicat menggunakan cat akrilik Vallejo yg sohor bagus butiran warnanya tp susah di airbrush-kan ini, jadi gw priming deh..

Sayangnya, percobaan menggunakan cat Vallejo ini belum sukses. Waktu pewarnaan sih sukses beraaats. Gw suka warnanya dan ratanya penempelan cat yang begitu halusnya. Sayangnya setelah dikeringkan seharian, besoknya cat masih bisa terkelupas terkena kuku.

Akhirnya, banting setir lagi menggunakan enamel dehhh.. Hiks..

Walau mungkin saat tulisan ini ditulis, kit-nya belum selesai. Yah, beginilah hasilnya sampai saat ini. Maunya sih nanti diteruskan lagi dengan proses washing, weathering, dll. Tapi so far masih ngendon seperti ini lahhh..

Setelah melewati proses washing dan sedikit drybrush..