AsiafoneDemam BlackBerry memang sudah merasuki para pengguna ponsel di Indonesia. Tak heran, jika konsep desainnya mulai menjalari ponsel-ponsel asal Cina yang dibungkus merek lokal. Tercatat ada beberapa model ponsel merek Cina yang mengandalkan desain mirip Blackberry, baik Bold atau Javelin.

Embel-embel yang diusung merek lokal ini antara lain QWERTY keyboard plus tambahan aplikasi untuk mengakses situs jejaring sosial Facebook serta tak ketinggalan aplikasi chatting. Selain itu, rata-rata ponsel ini dijual pada kisaran harga di bawah Rp 1.500.000.

Asiafone


Cari apa saja di AliExpress.Com

Menilik dari konsep disain BlackBerry, Asiafone AF903 sepintas mirip Javelin. Sementara, Asiafone AF803 mengadopsi model BlackBerry Bold. Struktur keypad-nya pun tetap membenamkan bentuk yang sama, yakni full QWERTY keyboard. Hanya, beberapa fungsi mengalami modifikasi dan disesuaikan dengan kemampuan yang ditawarkan masing-masing ponsel.

Misalnya saja, dua tombol cepat ke pilihan kartu SIM yang di BlackBerry asli merupakan tombol call dan left softkey. Hal ini sesuai dengan teknologi Dual On GSM-GSM yang dibawa kedua ponsel Asiafone ini.

blackberry-palsu

Untuk fitur standar, kedua ponsel menyediakan pemutar audio/video, radio FM, Bluetooth, slot kartu microSD yang rata-rata support hingga kapasitas 2GB.

Rencananya, Asiafone AF903 bakal dipasarkan dengan kisaran harga Rp 900 ribuan. Sementara untuk AF803 belum ada rilis resmi seputar harga jualnya nanti.

AF903:
Jaringan: Triband GSM (900/1800/1900 MHz) & Dual On GSM; Dimensi: 11×6,5×1,4 cm; Layar: 2.4 inci, TFT 65.536 warna, QVGA; Transfer data: GPRS class 12; Kamera: VGA, video recorder; Memori eksternal: microSD up to 2GB; Messaging: SMS, MMS; Konektivitas: Bluetooth support A2DP, kabel data; Browser: WAP; Fitur lain: Polifonik (MP3), Audio/video player, radio FM, Java, Phonebook 1000 entry, Calendar, Calculator, Alarm, Clock, E-book reader, Speakerphone, Game; Baterai: Lithium ion

Nexian - TelkomselAF803:
Jaringan: Triband GSM (900/1800/1900 MHz) & Dual On GSM; Layar: TFT  QVGA; Transfer data: GPRS class 12; Kamera: VGA, video recorder; Memori eksternal: microSD; Messaging: SMS, MMS; Konektivitas: Bluetooth support A2DP, kabel data; Browser: WAP; Fitur lain: Polifonik (MP3), Audio/video player, radio FM, Java, Phonebook 1000 entry, Calendar, Calculator, Alarm, Clock, E-book reader, Speakerphone, Game; Baterai: Lithium ion

 

Nexian – Telkomsel

Setelah XL dan Indosat, Nexian rencananya bakal menggaet Telkomsel untuk memasarkan ponsel facebook-nya ke pasaran. Model yang dilabel Nexian NX-G922 ini tetap mencomot disain BlackBerry, seperti halnya program bundling dengan dua operator lain.

Di sisi fitur pun, sepertinya bakal tak jauh beda dengan dua model sebelumnya (NX-G900/XL dan NX-G911/Indosat). Mulai dari teknologi Dual On GSM, aplikasi client facebook, aplikasi chatting, kamera, audio/video player, slot kartu microSD, Bluetooth dan keyboard full QWERTY.

nexian-indoNexian – Indosat

Sementara Nexian – Indosat menawarkan paket dengan harga resmi Rp 999.000,- ini menawarkan fasilitas yang tak jauh beda dibanding promo sebelumnya.

Bisa untuk mengakses facebook lewat aplikasi client, serta untuk chatting. Di paketan ini, aplikasi chatting yang digunakan adalah Mig33. Sementara, untuk browsernya bisa menggunakan Opera Mini untuk mengaksel layanan Indosat i-go.

Sementara, untuk ponselnya sendiri memiliki kemampuan Dual On GSM-GSM dan slot kartu microSD. Ada juga player musik/video, radio FM, koneksi Bluetooth dan keyboard full QWERTY untuk memudahkan penulisan pesan. Untuk email, ponsel Nexian ini menyediakan akses POP3 dengan pengaturan yang cukup mudah.

IMO B9000

Untuk mengakomodasi lonjakan permintaan akan ponsel facebook dan chatting, IMO Mobile pun tak mau kalah dengan merk lokal lain. Pertengahan Juli 2009 ini, distributor pemegang merk dagang IMO ini pun akan merilis IMO B9000 yang mirip Blackberry Bold.

imoberrySementara, IMO B9000 mengambil bentuk BlackBerry Bold 9000. Struktur disainnya sama persis, dengan keyboard full QWERTY pula plus navigasi trackball-nya. Seperti halnya IMO G910, ponsel ini juga sudah ditanamkan aplikasi client untuk facebook-an dan chatting.

Selain itu, Kedua ponsel berteknologi Dual On GSM ini pun memberikan keleluasaan ruang penyimpanan file dengan menghadirkan slot kartu ekspansi microSD yang kapasitasnya bisa mencapai 2GB.

Untuk kamera, B9000 hanya membenamkan resolusi VGA. Namun, sudah disupport kemampuan rekam video. Bahkan, dengan mengkoneksikan ponsel ke PC via kabel data, kamera ini pun bisa dijadikan sebagai PC webcam. Browser internet yang ditanamkan adalah Opera Mini. Namun, WAP standar pun tetap didukung, sama seperti IMO G910.

Spesifikasi B9000:

Jarinagn: Triband GSM (900/1800/1900 MHz) & Dual On GSM; Dimensi: 11×6,2×1,17 cm; Layar: 2.4 inci, TFT 262.144 warna, QVGA; Transfer data: GPRS class 12; Kamera: VGA, video recorder; Memori eksternal: microSD up to 8GB; Messaging: SMS, MMS, Email; Konektivitas: Bluetooth support A2DP, kabel data; Browser: WAP, Opera Mini; Fitur lain: Polifonik (MP3), Audio/video player, facebook client, eBuddy client, Google, radio FM, Java, Phonebook 1000 entry, Calendar, Calculator, Alarm, Clock, E-book reader, Speakerphone, Game; Baterai: Lithium ion

Sumber: SubangOnline