blackberry-geminiIndonesia merupakan negara ketiga yang dapat menikmati ponsel ini selain Kanada dan AS.

Belakangan ini, isu bakal meluncurnya BlackBerry versi murah masih menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta BlackBerry.

Hari ini pun, PT Excelcomindo Pratama (XL) sebagai salah satu operator mitra resmi Research in Motion, telah positif menentukan banderol harga atas ponsel pintar terbaru asal Kanada itu.


Cari apa saja di AliExpress.Com

XL bakal menjadi salah satu operator pertama yang menggadang-gadang BlackBerry murah ini ke Indonesia, yakni sekitar bulan September mendatang. Untuk masalah harga, XL berniat membanderol Gemini dengan range harga mulai Rp 3 - Rp 4 Juta empat  per unit.

"Ini bisa dibilang murah, mengingat perangkat BlackBerry adalah produk mewah," ujar Manajer Internet & Data Services XL, Dolly Surya Wisaka, di sela Network Drive Test XL Lampung - Madura, Jakarta, Jumat 7 Agustus 2009.

Dolly juga menjamin bahwa harga tersebut tak akan timpang dari harga pasar, baik melalui importir paralel, jalur tidak resmi, yang berada di luar operator yang menjadi mitra operator BlackBerry.

BlackBerry Gemini atau bernama resmi BlackBerry Curve 8520 itu, memiliki tampang yang mirip dengan Javelin, dengan bodi berukuran (109 x 60 x 106 mm) berwarna hitam. Namun, Gemini tak memiliki trackball dan menggantinya dengan sebuah optical trackpad yang sensitif atas sentuhan jari, dan beberapa tombol khusus untuk media.

Ponsel ini dipersenjatai dengan prosesor yang kencangnya 512 MHz, memori sebesar 256 MB, serta kamera 2 Megapiksel, serta kemampuan merekam video dan pemutar media yang komprehensif.

Pemutar videonya mendukung MPEG4, H263, H264, WMV3. Sementara pemutar audionya mendukung AAC-LC, AAC+, eAAC+, AMR-NB, WMA9 (.wma/.asf), WMA9 PRO/WMA 10, AAC-LC). Tak hanya itu, ponsel ini juga menyediakan akses mudah ke email, messaging (IM, SMS, MMS), serta jejaring sosial seperti MySpace dan Facebook.

Ia beroperasi di jaringan EDGE/GPRS/GSM (850/900/1800/1900 MHz) serta mendukung koneksi WiFi dan Bluetooth. Ia juga menyediakan slot memori microSD/SDHC hingga 32 GB. RIM mengklaim, ponsel ini memiliki waktu bicara hingga 4,5 jam, dan waktu siaga hingga 17 hari.

Lebih jauh Dolly mengatakan, Indonesia akan menjadi negara ketiga yang dapat menikmati BlackBerry Gemini setelah Kanada dan Amerika Serikat. BlackBerry Gemini sendiri diluncurkan pertama kali oleh operator Roger dan T-Mobile.

Sumber: VivaNews