ZSU-23 ShilkaAda beragam cara dan tehnik dalam merakit model kit tank. Cara-cara tersebut bisa berbeda-beda dari modelers yang satu dengan yang lainnya. Hal tersebut bisa karena beragam faktor seperti kebiasaan, kemampuan, referensi atau pengalaman.

Berikut merupakan cara merakit model kit tank 'ala' gw.. <g>


Cari apa saja di AliExpress.Com

Pertama, referensi.
Sebaiknya, sebelum kita merakit model kit tank yang akan kita buat, sebaiknya kita baca-baca sedikit atau melihat-lihat foto-foto tank yang bersangkutan. Untuk saya pribadi, mungkin agar lebih dapat 'feel'-nya sebelum mulai merakit. Silahkan browsing ke situs-situs foto/militer, atau baca buku-bukunya.

Kedua, tentukan kamuflase apa yang akan diaplikasikan pada model kit kita tersebut.
Apakah mengikuti petunjuk yang ada di model kit (out of the box) atau justru mau kamuflase lain. Jika ingin mengikuti kamuflase yang sudah tersedia dalam petunjuk model kit, silahkan lanjutkan ke langkah berikutnya. Jika tidak, silahkan perbanyak referensi kamuflase yang diinginkan.

Ketiga, tentukan hasil yang diinginkan nantinya.
Apakah ini tank ini akan dijadikan bagian dari sebuah diorama (which is lebih sulit) atau berupa stand alone static display. (Yang dibahas disini sebagai static display).

M113-A2Keempat, siapkan waktu, mood, dan lengkapi peralatan dan perlengkapannya. 🙂
Jangan sampai waktu dan moodnya datang, tapi ada peralatan/perlengkapan yg nggak komplit. Biasanya kalau kejadiannya begini, kit akan setengah jadi, dan baru akan diteruskan lagi kemudian.

Jadi, kalau mau langsung jadi, sebaiknya siapkan segalanya sudah lengkap. Cat, lem, dempul, dll yang diperlukan. (silahkan baca artikel memulai hobby model kit disini).

Kelima, merakiiiiiiiiiiiiiiit!
Hal utama yang perlu dilakukan adalah membaca buku petunjuk pemasangan dari awal hingga akhir, tanpa harus langsung merakitnya.

Dengan membaca petunjuknya, kita dapat memahami bagian-bagian mana yang mungkin memerlukan perlakuan khusus seperti misalnya harus dicat sebelum ditempel, dll.

Berikutnya, untuk saya pribadi, biasanya saya mulai dengan merakit bagian roda. Biasanya, roda-roda tersebut saya tempelkan dahulu, lalu didiamkan terpisah tanpa dipasang pada badan tank. Biasanya, roda-roda tersebut saya tusuk dengan tusuk gigi (biasanya rata-rata pas ukurannya untuk tank-tank skala 1:35) dan disimpan terpisah.

Berikutnya, kita rakit bagian badan, kanon dan turretnya.

Jika proses perakitan selesai, silahkan diamkan selama beberapa jam hingga lemnya kering dan plastiknya menempel sempurna.

model-kit-abrams

Keenam, Mengecat
Untuk tank modern, mungkin rasanya lebih mudah ketimbang tank-tank WWII yang perlu diberi macam-macam efek seperti karat, cat yang terkelupas, dll, dll. karena nature tank aslinya memang begitu. Tank modern, lahir dengan lapisan baja, lapisan cat, dan pola perawatan yang jauh lebih baik dari nature tank-tank era perang dunia kedua.

Jadi, untuk mengecatnya juga cukup mudah. Lebih bersih, dan lebih sedikit efek yang perlu di'tonjolkan'. Yang pertama biasa saya lakukan adalah mengecat bagian roda. Anggaplah tank ini akan kita warnai dengan kamuflase desert, roda-roda tersebut saya sapu dengan warna gurun seperti desert sand, sand, atau buff. Lalu biarkan mengering.

United Nations M113-A2Berikutnya, untuk bagian body biasanya saya beri warna dasar hitam. Seluruh badan tank di cat warna dasar hitam. Jika telah selesai, biarkan mengering, dan kembali mengerjakan roda-roda tank.

Roda-roda tank modern, biasanya juga dilengkapi ban karet pada roda-rodanya. Untuk mewarnai ban tersebut, saya biasanya menggunakan bantuan spidol gundam atau bisa juga dengan menggunakan spidol anti air (permanent ink).

Dengan bantuan spidol beragam ukuran tersebut, rasanya lebih mudah mewarnai ban tersebut ketimbang mengecatnya.

Jika pewarnaan ban telah selesai, kembali lagi mengerjakan badan tanknya (kalau sudah kering cukup lama). Nah, disini baru triknya dimulai. Cat hitam tersebut berguna untuk menampilkan efek bayangan, atau shading dengan bantuan airbrush.

Caranya, lakukan penyemprotan tipis-tipis dan berulang-ulang (jangan maunya sekali lewat dan tebal) tapi semprotkan tipis tipis secara merata, sampai kira-kira warna hitam gelapnya agak tertutup warna desert.

Untuk menampilkan efek bayangan tersebut, ulangi penyemprotan tipis-tipis ke bagian badan yang luas dan biarkan tetap tipis-tipis di bagian lekukan, sambungan, las-las-an, dll. Dengan tehnik ini, diharapkan warna badan tank terlihat seperti tidak satu warna, tapi terlihat ada bagian warna lebih gelap atau lebih terang yang dihasilkan dari tehnik ini.

Jika sudah selesai, diamkan dan keringkan. Jika telah kering sempurna mulailah menempelkan bagian roda ke badan tank-nya satu persatu. Lalu teruskan dengan memasang bagian rantai yang biasanya terbuat dari karet atau plastik yang lebih lentur.

00-kit-40

Ketujuh, finishing.
Kalau cat telah kering semua (yang ini serius, sebaiknya tiap step-step diatas dilakukan setelah cat mengering sempurna), saya biasanya melapisi tank tersebut dengan cat bening yang sifatnya mengkilap (glossy). Lapisan cat yang mulus dan licin, sangat membantu decal (sticker model kit) untuk menempel sempurna.

Jadi, setelah dilapisi lapisan clear gloss (dan tentu saja sudah mengering sempurna), langkah berikutnya adalah menempelkan decalsnya ke badan tank.

Setelah hal ini dilakukan, baru detil-detilnya saya cat atau diwarnai seperti warna lampu, warna pengintip infra merah, laser, dll, dll.

Lagi-lagi setelah cat pada model kit sudah kering sempurna, kembali seluruh badan tank tersebut saya lapisi dengan flat clear (dull) agar warna tank tidak mengkilap atau lebih berwarna doff.

Kalau mau ditambahi efek drybrush, biasanya saya lakukan setelah langkah-langkah ini.

Selamat merakit!

Armor Modelers Guide (Finescale Modeler) Armor Modelers Guide (Finescale Modeler)
List Price: $24.99
Sale Price: $22.07
 

Description

Sheperd Paine's legacy continues in his final book which features some of the best armor modelers in the world. The book covers all aspects of armor building including doing research, basic kit assembly, painting and decaling, weathering, creating battle damage, adding equipment, and posing and painting figures, as well as diorama planning...

The Basics of Scale Modeling (FineScale Modeler Books) The Basics of Scale Modeling (FineScale Modeler Books)
Sale Price: $82.30
 

Description

"Your quick-start guide to constructing, painting and finishing plastic models."

Building and Detailing Model Aircraft (FineScale Modeler Books) Building and Detailing Model Aircraft (FineScale Modeler Books)
List Price: $21.95
Sale Price: $12.21
 

Description

You will learn how to master construction and finishing of plastic model aircraft with basic skills such as assembling aligning, gluing, surface preparation, painting, and decaling. Then you will be able to add extra details and use more advanced techniques.

Modeler's Guide to Realistic Painting & Finishing (FineScale Modeler Books) Modeler's Guide to Realistic Painting & Finishing (FineScale Modeler Books)
List Price: $16.95
Sale Price: $15.00
 

Description

Get great paint jobs and add lifelike details to your models! Perfect for the beginning plastic modeler who wants to learn more advanced techniques, this photo-driven guide includes an introduction to airbrushing and sections on brush painting, dry-brushing, applying washes, and pastel chalk weathering...

How to Use an Airbrush, Second Edition (FineScale Modeler Books) How to Use an Airbrush, Second Edition (FineScale Modeler Books)
List Price: $21.95
Sale Price: $16.69
 

Description

Included are 12 projects covering common problems areas and applications such as detailing a simple snap-together kit, mastering a factory-fresh automotive surface, drawing camouflage patterns, adding dirt and rust, adding complex color schemes, and more.