Business Week

Eric Nakagawa, seorang pengembang perangkat lunak di Hawaii, memposting satu foto kucing gendut yang seperti sedang tersenyum yang dia temukan di Internet, dengan tulisan, "i can has cheezburger?" pada bulan Januari 2007, di sebuah situs Web yang ia buat. Ini seharusnya hanya untuk lelucon atau lucu-lucuan saja pada awalnya.

Tetapi tak lama setelah ia posting beberapa gambar dalam tema yang sama: gambar kucing lucu dengan keterangan yang ditulis  konyol, telah menciptakan hibrida Internet.

SPONSOR





Kemudian ia mengirim fotonya ke dalam sebuah blog, sehingga pengunjung bisa memberikan komentar tentang postingnya. Apa yang terjadi setelah itu pasti akan sulit bagi siapapun untuk memprediksinya.

"Kami hanya berpikir, OK, mereka lucu," kata Nakagawa. "Tiba-tiba kami mulai mendapatkan hits. Aku bingung darimana ini semua bermula?" katanya.

Pengusaha Kagetan

Dia melihat traffic di blog-nya, I Can Has Cheezburger, yang ia jalani dengan rekannya, "Tofuburger" yang melonjak 2 kali lipat setiap bulannya: 375.000 hits pada bulan Maret, 750.000 di bulan April, 1,5 juta pada bulan Mei.
Cheezburger sekarang mendapatkan tampilan halaman 500.000 per hari dari  100.000 hingga 200.000 unique visitor, menurut Nakagawa. Biaya iklan yang paling murah $ 500 untuk seminggu. Yang paling mahal berlaku bagi hampir $ 4.000. Nakagawa, telah menjadi pengusaha kagetan yang sukses karena ketidak sengajaan tersebut akhirnya mengundurkan diri dari pekerjaan lamanya, dan serius meneruskan blognya.

Cerita yang tidak biasa tentang kesuksesan Cheezburger ini secara cepat mencapai puncak atmosfir blogger (blogoshpere) dan perlahan pengunjung mulai berkurang. Tetapi ide ini banyak memberikan inspirasi untuk para blogger lain untuk memulai sebuah topik yang langka atau obsesi dan isi tertentu sambil mengharapkan bisa meledak seperti Cheezburger. Tentu saja ini bukan hal mudah, hanya beberapa saja yang tercatat bisa mengikuti kesuksesan Cheezburger.

Titik awal dari blog mungkin merupakan kebetulan, namun perkembangan sejak saat itu telah melibatkan proses eksperimen yang dikontrol ketat untuk membantu menjawab pertanyaan itu. Nakagawa dan rekannya terus membangun situs nya untuk melihat apa yang menarik pembaca dan apa yang membuat mereka 'anteng' dan terus berdatangna.

"Kami pada dasarnya memiliki taman bermain di mana orang terus datang untuk bermain, jadi kami mencoba untuk menciptakan permainan baru setiap saat," kata Nakagawa.

Membangun Komunitas

roflcon

Untuk meningkatkan traffic, mereka menyesuaikan waktu posting baru mereka pada saat orang-orang paling mungkin membaca: di pagi hari, saat istirahat makan siang, atau di malam hari.

Sejak awal, ketika Nakagawa melihat situs mendapatkan tampilan halaman 1.000 sehari, dia menambahkan sebuah widget yang memungkinkan pengunjung untuk menilai setiap posting pada skala satu sampai lima cheeseburger. Yang membantu meningkatkan lalu lintas ke 2.000.

Pembaca tidak hanya bisa menilai atau memberikan komentar pada postingan saja. Mereka menciptakan juga. Cheezburger sangat bergantung pada penggemarnya untuk mengirimkan foto, menulis keterangan gambar lucu, dan mengirim kepada rekan-rekannya. Nakagawa telah membangun piranti untuk membiarkan pembaca memilih foto atau meng-upload sendiri, menambahkan keterangan, memilih gaya font, dan menyimpan hasilnya.

Setiap pengunjung dapat memberikan suara pada kiriman artikel/foto, dan yang paling populer akan diangkat ke halaman utama. Hal ini membantu Nakagawa dari keharusan untuk mencari keterangan untuk foto lucu, dan hal ini menciptakan ikatan abadi dengan pembaca.

Interaksi semacam itu akan membantu membuat aku Dapat sebanyak Cheezburger Apakah masyarakat sebagai sebuah blog. Sebuah dikirim oleh seorang pengguna akan mengilhami yang lain untuk bermain secara off tema, membentuk sebuah narasi. "Ini seperti Anda membuat cerita yang diberikan oleh orang-orang dalam masyarakat, dan kemudian orang-orang di komunitas suplai bagian selanjutnya dari cerita," kata Nakagawa.
Dari Inside Joke kepada Ayub

Gagasan membangun masyarakat di sekitar konten yang disediakan oleh pengguna mendukung beberapa blog atas, dan sebagian besar meletakkan gagasan di depan masyarakat menghasilkan uang. Untuk Cocks dan Jessica Heather Morgan, yang mencerca selebriti fashion di blog mereka, Go udara pengap Diri Anda, fakta bahwa penjualan iklan di blog mereka sekarang membayar gaji mereka tidak berubah apa yang mereka mulai lakukan dari Hari Pertama: bersenang-senang. "Itu adalah salah satu lelucon ini bahwa kami pikir akan hanya tinggal sebuah lelucon," ujar Cocks.

Bagian dari itu ada hubungannya dengan sifat medium: Blogging menciptakan hubungan langsung antara penulis dan pembaca, suatu percakapan dengan suara-suara yang berbeda dilakukan dalam komentar dan e-mail dan blog lain. Nakagawa ingin melihat seberapa besar percakapan-belum lagi bisnis-dapat. "Ini semacam seperti, seberapa jauh yang dapat Anda ambil itu?" katanya.

Sumber: BusinessWeek