april-mop

Sadar nggak sadar, inget nggak inget, hari ini, 1 April, sering juga disebut April Mop atau April Fools Day. Hari dimana di kebiasaan 'bule' sono kita bisa bebas 'ngerjain' temen-temen kita dengan berbagai cara.

Garadae gw kebagian jadi korban 'pembohongan publik' (kekeke) gw malah penasaran, "Kenapa sih ada hari dimana orang boleh iseng?" sejak kapan? siapa yg mulai? kebiasaan mana ini? dll-dll.

SPONSOR





Hasil browsing internet, menurut Encyclopedia Britannica, April Mop itu dulunya merupakan sebuah perayaan di Romawi kuno yang biasanya bertanggal 25 Maret. Selain itu, dulunya ini juga merupakan adaptasi pesta-pesta Holi, di India, yang biasa dirayakan tanggal 31 Maret. Pesta-pesta tersebut merupakan pesta perayaan tahun baru (pada saat itu) dan di kepercayaan mereka.

Adalah rakyat Perancis, yang memulai pesta tahun baru tersebut (saat itu di Perancis tahun baru jatuh pada tgl. 1 April) dengan kejahilan-kejahilan seperti menggantungkan ikan busuk di baju teman, atau menempelkan kertas bertuliskan 'kick me'sehingga berkembang menjadi bentuk-bentuk bercanda lainnya.

Ketika Raja Charles XI berkuasa, tahun baru dipindahkan dari tgl. 1 April menjadi tgl. 1 Januari. Tetapi, karena kebiasaan lama berpesta di tgl. 1 April belum segera hilang. Orang-orang Perancis mengisinya sebagai hari bercanda (dengan kata lain, biar tetep pesta tgl. 1 april) <g>

Kebiasaan yang sebelumnya bukan kebiasaan tersebut, menular ke Inggris dan negara-negara jajahan Perancis pada abad XVIII, sehingga akhirnya justru makin populer di Amerika akhir abad 19.

Lucu ya?

Ternyata April Mop atau April Fools Day itu juga merupakan warisan budaya manusia yang sudah berabad-abad lamanya.

Update:

Saya terima email, yang sayangnya anonymous, menambahkan, bahwa ini adalah suatu peristiwa dimana umat muslim Spanyol yang terdesak dikhianati ketika dijanjikan untuk dipindahkan.

Ada yang mau menambahkan?