Pengertian Airsoft Skirmishing atau Airsoft Wargames disini secara umum adalah permainan perang- perangan/pertempuran yang dilakukan sekelompok orang yang saling menembak/bertempur dengan menggunakan senjata mainan (berikut peluru 6mm tiruannya) dengan menggunakan peralatan dan perleng-kapan tempur lengkap seperti pada peperangan sebenarnya.

Tujuan utama permainan ini adalah untuk kesenangan (FUN, FUN dan FUN), karena selain dapat mengkoleksi senjata tiruan (replica) dengan adanya permainan ini, senjata tersebut dapat digunakan untuk bermain, bersantai dan berolahraga.

That's It!

SPONSOR





Permainan Airsoft Code 4 Team, Skenario Pembebasan Sandera (2005)

Bagi yang menyukai dunia kemiliteran, hobby ini menjadi lebih menyenangkan dengan adanya kesempatan untuk seolah bersandiwara, berlaku, bertindak, berpikir dan berpakaian secara militer (tentu saja seragam yang digunakan tidak merupakan seragam resmi militer/ kepolisian Indonesia), tetapi bisa saja menggunakan seragam NATO, LAPD, SWAT (Amerika), GIGN (Perancis), SAS (Inggris), dll).

Untuk bermain perang-perangan (airsoft wargames) Anda bisa menggunakan seragam, sepatu, tempat pistol (holster) tempat magazine (pouch), tempat minum (canteen), helm, ransel, kacamata pelindung (goggles) dan attribut lainnya.

Satu hal lagi, mungkin masalah pangkat tidak perlu digunakan disini. Selain tidak perlu, juga kurang etis, mengingat seorang militer perlu bersusah payah untuk memperolehnya.

Permainan Airsoft, Skenario Blackhawk Down

Adalah menyenangkan berlaku dan bertindak seperti seorang tentara dan berperang (walau hanya dalam permainan perang-perangan). Gambar di atas adalah sekelompok orang yang sedang bermain peperangan lengkap dengan seragam dan aksesorisnya.

Jika Anda pernah bermain perang-perangan dengan paintball (peluru cat) yang di Jakarta dikelola oleh Brigade 3234, permainan airsoft wargames ini hampir sama dengan permainan tersebut.

Bedanya, tentu saja permainan ini lebih realistik, dengan senjata yang mirip dengan aslinya dan tentu saja Anda tidak perlu malu jika tertembak cat! <g>

Dalam permainan ini jika Anda tertembak, Anda akan merasa sedikit sakit saja (kecuali Anda ditembak dalam jarak tidak boleh menembak atau 10m <  (Lebih lengkap pada artikel aturan permainan).

Dalam permainan ini, selain dibutuhkan pengenalan terhadap senjata yang Anda gunakan, pengenalan medan, pemikiran taktis, kekompakan, kewaspadaan, dan survival  juga dibutuhkan sportivitas.

Berbeda dengan paintball yang menandai rekan yang tertembak dengan cat, di permainan ini, Anda butuh sportivitas untuk mengakui jika Anda tertembak (atau merasa tertembak) untuk segera menyingkir dari arena pertempuran. Kita toh bisa bermain lagi jika sesi sudah selesai? Gitu aja kok repot???  🙂

Shooting Trans TV, Skenario SWAT (2005)

Skenario yang dapat dimainkanpun beragam, tergantung jumlah pemainnya, bisa merupakan peperangan biasa, perlindungan (guardian) sabotase, de-sabotage, dll. (Lebih lengkap di artikel skenario)

Tempat yang digunakanpun dapat beragam, untuk skenario pertempuran Kita dapat menggunakan lapangan terbuka, ladang, sawah maupun kebun dan desa. Sedangkan untuk tempat yang lebih kecil, lebih cocok untuk skenario perang jarak dekat (CQB - Close Quarter Battle), kita bisa menggunakan rumah, villa atau bahkan gedung.

Tempat yang beragam ini juga menjadikan variasi permainan menjadi lebih banyak, dan tidak membosankan. Dan jangan lupa untuk meminta izin pada Polsek terdekat untuk bermain (jika tempat permainan berpindah-pindah). Anda tentu tidak ingin Steyr Anda dilawan Steyr betulan milik Brimob bukan??  🙂

Untuk keamanan bermain, selain seragam dan perlengkapannya, aksesoris lain juga diperlukan. Aksesoris yang patut digunakan untuk keamanan permainan antara lain adalah pelindung wajah dan leher (balaclava), pelindung muka (masker) atau pelindung mata saja (goggles).

Image

Untuk masalah keamanan permainan ini, jangan ragu-ragu membeli masker atau goggles yang baik. Satu kasus di Inggris memperlihatkan sebuah goggles acrylic yang tertembus AEG 450 fps. Keamanan permainan sangat penting, karena tujuan permainan adalah FUN!

Jika Anda penggemar permainan komputer jenis FPS (First Person Shooting) seperti Counter Strike, Operation Flashpoint, SWAT3, CIA Operation, Project I'm Going In, dll. Inilah saatnya mempertimbangkan bermain FPS dengan kondisi sesungguhnya!

Berani mencoba???

GO! GO! GO!!!